Pembangunan MCK Umum Dusun VI Tahun 2017

Bojongnangka.desakupemalang.id – Pemalang. Selasa (5/9) Pemerintah Desa Bojongnangka membangun MCK umum yang berada di Dusun VI. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Potret masyarakat yang rendah ekonomi memiliki tata ruang yang kumuh membuat mereka kurang menyadari arti penting dari fungsi MCK. MCK, mandi cuci kakus adalah sarana yang menunjang kehidupan sosial, budaya serta kesehatan masyarakat, MCK sehat merupakan cerminan lingkungan yang sehat, bersih serta tertata dapat mempengaruhi pola pikir individu untuk lebih memperhatikan lingkungan, menekan polusi udara dan pencemaran ekosistem, dampak positif bagi masyarakat adalah perubahan prilaku, kebiasaan serta budaya manusia dilingkungan umum.

Dengan adanya pembangunan MCK umum yang sesuai tata cara perencanaan umum serta menjaga kaidah-kaidah MCK sehat dapat berperan dalam pengendalian lingkungan.

Mandi cuci kakus biasa disingkat MCK merupakan salah satu sarana fasilitas umum yang digunakan bersama untuk keperluan mandi, mencuci dan buang air oleh beberapa keluarga dilokasi pemukiman tertentu yang dinilai tingkat kemampuan ekonomi rendah dan berpenduduk cukup padat. (Mandalahurip)

Adapun kriteria keberhasilan dari pembangunan MCK diantaranya yaitu :

  1. Masyarakat merasa puas dengan kualitas dan kuantitas dari MCK yang dibangun.
  2. Desain, kontruksi dan fasilitas memenuhi kebutuhan masyarakat.

Menurut Departemen Kesehatan RI (2000), penyakit yang ditularkan langsung melalui air adalah :

  1. Water Borne Disease adalah penyakit yang ditularkan langsung melalui air minum, dimana air minum tersebut mengandung kuman patogen, maka dapat menimbulkan penyakit kholera, Typoid, Hepatitis, Dysentri dan Gastro enteritis;
  2. Water Washed Disease adalah penyakit yang disebabkan kurangnya air untuk pemeliharaan hygiene perorangan dan kebersihan alat-alat terutama dapur dan alat makan;
  3. Water Based Disease adalah penyakit yang ditularkan melalui bibit penyakit yang sebagian besar siklus hidupnya di air, seperti schistosomiasis;
  4. Water Related Insects Vectors adalah penyakit yang ditularkan melalui vector yang hidupnya tergantung pada air, misalnya malaria, demam berdarah dengue (DBD), filariasis, yellow fever dan sebagainya.

 

ALBUM GALERI

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*